Warga Kembangan Utara Keluhkan Bau Busuk dan Asap Tebal Pembakaran Sampah

Tempat pembuangan sampah sementara di Jalan Kampung Baru, Kembangan Utara, Jakarta Barat. (foto:tri)
JAKARTA, JO- Meski sudah berulang kali dipermasalahkan warga, namun bau busuk menyengat akibat tumpukan sampah dan asap tebal pembakaran sampah masih terus mengganggu warga hingga saat ini.

Seperti yang dialami warga di Jalan Kampung Baru RT 07/10, Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat (Jakbar) ini, yang sangat keberatan dengan lokasi tempat pembuangan sementara (TPS) di daerah mereka yang sudah ada sejak 2011.

"Selain bau yang menyengat yang kami rasakan setiap hari, asap tebal pun ikut kami hirup saat pembakaran sampah setiap hari di lokasi ini," keluh Tamjaini kepada wartawan, Jumat (22/8).

Menurutnya, masalah sampah ini sangat besar dampaknya bagi kesehatan warga, dan bertahun tahun polusi ini mereka rasakan, namun tidak ada solusi dari pihak terkait. Padahal selama ini, yang berperan sebagai koordinator persoalan sampah adalah Ketua RW 10 Rosit.

Dikatakannya, warga meminta kepada pemerintah agar TPS itu dipindahkan, atau setidaknya dilakukan pengangkutan secara rutin dan tuntas sehingga tidak sampai menumpuk, bahkan sampai meluber ke jalan.

"Sampah sih sering diangkut dari sini, tapi tidak tuntas, sehingga terus tersisa. Untuk mengurangi volumenya, terpaksa dibakar," kata Tamjaini.

Menurutnya, keluhan warga terkait TPS ini sudah sering disorot media termasuk televisi, namun aparat terkait tidak menindaklanjuti.

Ketika persoalan ini dikondirmasikan kepada Wakil Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji, Kasudin Kebersihan Jakbar Wahyu, dan Kasi Kebersihan Kecamatan Kembangan Ojak Sihotang belum bersedia untuk memberikan jawaban. (lian/tri)


Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.