Kali Anyar Wakili Jakarta Barat untuk Lomba Sayang Ibu Tingkat Provinsi

Suami siaga
JAKARTA, JO- Gerakan Sayang Ibu (GSI) di wilayah Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Tambora, terpilih mewakili Jakarta Barat (Jakbar) untuk mengikuti perlombaan tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Terpilihnya kelurahan ini setelah pada Rabu (26/6) tim penilai dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana Provinsi DKI menilai GSI di wilayah ini jauh lebih baik dibandingkan dengan wilayah lain di Jakbar.

Pada acara yang berlangsung kemarin di RW 08 Kelurahan Kali Anyar,Kecamatan Tambora, Jakbar sejak pukul 13.00 WIB sudah dipadati para ibu ibu rumah tangga yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan menimbang para balitanya.

Para ibu ibu rumah tangga itu, tampaknya begitu antusias mengikuti kegiatan kesehatan tersebut, meskipun mereka harus mengantri untuk proses pendafftaran peserta kesehatan yang telah disediakan oleh kader PKK.

Togiduma Sianturi selaku tim penilai dari Badan Pemberdayaan masyarakat perempuan dan keluarga Berencana Provinsi DKI Jakarta menjelaskan, acara ini bertujuan untuk menekan angka kematian ibu saat proses melahirkan.

Dari pengamatannya, warga di sekitar wilayah ini sangat mendukung, terbukti ada Suami Siaga ,ada Bapak Siaga dan ada kelompok pendukung ibu dalam pertolongan pertama pada ibu hamil yang akan melahirkan.

Dalam acara GSI ini, banyak hal yang dilakukan oleh masyarakat di RW 08 Kali Anyar, terutama dalam berpartisipasi untuk mendukung program sayang ibu. Hal itu terlihat dari indikator yang ada.

"Kita lihat konsisten atau nggak dengan yang dipaparkan maupun yang kita lihat kenyataan di lapangan. Ada atau tidak bukti maupun dokumen yang dilakukan oleh masyarakat dalam program ini," katanya.

Dikatakan, ada dokumen atau hasil rapat notulen notulen yang tercatat. Mereka juga melihat tempat kelengkapan pelayanannya seperti apa. Kemudian indikator selanjutnya, tentang pelayanan kesehatan, seperti SDM-nya bagaimana.

"Sebab dalam mendukung program ini,mereka SDM-nya harus siap " Kata Togiduma Sianturi.

Ketua RW 08 Kelurahan Kali Anyar Kecamatan Tambora, Jakbar Anton menuturkan, dirinya sangat mendukung dengan adanya kegiatan perlombaan GSI yang digelar oleh Pemprov DKI Jakarta, yang materinyadifokuskan pada program kesehatan bagi kaum ibu yang sudah melahirkan dan kaum ibu yang sedang hamil.

"Alhamdulilah dalam acara ini GSI RW 08 terpilih mewakili Jakarta Barat untuk tingkat Provinsi DKI Jakartai. Pada persiapan perlombaan yang nantinya akan dinilai oleh juri diantaranya tentang pertolongan pertama pada ibu hamil," katanya.

Dalam persiapannya, pihaknya sudah mempersiapkan berbagai kendaraan untuk selalu siaga dalam membantu kaum ibu yang akan melahirkan . Diantaranya persiapan kendaraan, ojek, bajaj, ambulans dan mobil pribadi serta persiapan bidan maupun dokter untuk pertolongan pertama.

"Semua kita siagakan di lingkungan Rw 08 ini. Harapan kita ya untuk kedepannya gerakan GSI ini bisa lebih baik lagi dari sebelumnya," Ucap Anton.

Sementara itu, Camat Tambora Jakbar Yunus Burhan menjelaskan, RW 08 Kelurahan Kali Anyar ini terpilih, bukan serta merta asal gabruk. Tentunya hasil dari seleksi yang mana terpilih untuk maju mewakili Jakbar dalam perlombaan tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Memang tim penggerak GSI RW 08 ini yang terbaik bila dibandingkan dengan RW lainnya. Pertama dalam partisipasinya tinggi. Kemudian yang kedua, dalam sarana dan prasarananya juga ada.

Selanjutnya sumber dayanya juga ada. Dalam arti sumber daya itu, dari kesehatan seperti bidan atau petugas petugasnya dalam membantu pertolongan pertama tentang kesehatan sudah ada .


"Yang paling saya suka di lingkungan RW 08 ini sebelahnya itu adalah bidan praktek. Dalam artianya bidan swasta yang dekat dengan masyarakat. Jika hasil dari penilaian tim juri selesai nanti harapannya adalah mendapatkan juara. Ya Kita harus juara lah," ucap Camat.

Yunus berharap, mesikipun di wilayah RW 08 Kelurahan Kali Anyar mewakili Jakbar untuk maju ke tingkat Provinsi DKI Jakarta, tidak mendapatkan juara, namun kegiatan sayang ibu ini, jangan berhenti sampai disini saja.

"Kita harapkan kegiatan ini tidak berhenti sampai disini," paparnya. (leman)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.