Alat Pengintai Gol Diperkenalkan Pertama Kali di Stadion Maracana Rio

Peralatan pemantau garis gol dipasang pertama kalinya di Piala Dunia 2014 di Brazil.
JAKARTA, JO- Ini akan menjadi berita baru bagi pemain semacam Frank Lampard yang membuat debat terkait golnya pada babak kedua Inggris melawan Jerman di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

GoalControl, penyedia resmi sistem ini, telah menguji keandalan teknologinya di Maracana Stadium di Rio, tempat berlangsungnya pertandingan final Piala Dunia 2014.

"Ini 100 persen akurat. Sistem akan bekerja dengan baik," kata Dirk Broichhausen, direktur pelaksana GoalControl, pada saat presentasi di Maracana.

FIFA telah memberikan kontrak kepada perusahaan Jerman ini 16 bulan lalu, dan akan ada 14 kamera berkecepatan tinggi di masing-masing stadion tempat digelarnya pertandingan Piala Dunia 2014 di Brasil. Alat itu untuk memastikan apakah sebuah gol sudah melewati garis atau belum.

Ada tujuh kamera pada setiap gol, dan kamera itu masing-masing mengambil 500 gambar per detik, lalu mengirimkan pesan "gol" ke jam tangan wasit jika bola berada di dalam, kata pimpinan GoalControl Bjoern Lindner.

Jika bola tidak melewati batas maka permainan akan terus berlanjut. Kamera, dilengkapi dengan teknologi sensor terbaru, ditempatkan di catwalk di sekitar stadion dan mengukur posisi bola setiap dua milidetik untuk dalam akurasi sesedikitnya 0,5cm (0,2 inci).

Data tersebut kemudian dikirimkan melalui sistem yang dienkripsi, dan Broichhausen memastikan teknologi tidak bisa dibajak (hacked).

"Sistem ini offline ... tidak ada kemungkinan untuk memanipulasi. Kami melakukan banyak pengujian internal dan eksternal," katanya. (jo-4)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.