Megawati dan Jokowi "Jalan-jalan" ke Sejumlah Tempat di Jakarta

Megawati Soekanoputri dan Joko Widodo.
JAKARTA, JO- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengajak Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk "jalan-jalan" ke sejumlah tempat di Jakarta. Megawati pun berkisah tentang Jakarta era ayahnya, Presiden RI pertama Soekarno (Bung Karno).

Megawati dan Jokowi memulai perjalanannya dengan berangkat dari kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar No 27A sekitar pukul 11.15 WIB. Dia dan Megawati naik mobil Toyota Alphard warna hitam, dan sampai di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, sekitar pukul 11.50 WIB.

Disini, mereka melihat-lihat kondisi waduk yang dulu dihuni ribuan warga, namun sekarang sudah dibenahi. dan difungsikan kembali sebagai resapan air dan penampung banjir.

Kepada Jokowi, Megawati mengakui kondisi waduk kini lebih baik. Dia tampak mengangguk-angguk setiap kali Jokowi memberikan keterangan terkait pembangunan kembali waduk ini. Antara lain dijelaskan Jokowi rencana penanaman pohon berikutnya di lokasi waduk ini akan dilakukan Desember nanti.

Berada sekitar 15 menit di waduk ini, keduanya kemudian melanjutkan "wisata" mereka ke Waduk Ria Rio, Pulogadung, Jakarta Timur.

( Cek hotel di Nusa Dua, Bali, bandingkan tarif dan baca ulasannya | Cek hotel di Seminyak, Bali, bandingkan tarif dan baca ulasannya | Cek hotel di Kuta, Bali, bandingkan tarif, dan baca ulasannya )

Selama perjalanan dari kediaman Megawati menuju Waduk Pluit, Megawati sempat bercerita mengenai penanganan ibu kota era Bung Karno. Hal itu diungkapkan Megawati saat mobil melintas di sekitar Gelora Bung Karno, Jakarta.

Menurut Mega, saat itu Indonesia menggelar Games of The New Emerging Forces (Ganefo) yang dulu dianggap sebagai saingan Olimpiade, bagaimana Bung Karno menata Jakarta sembari menanam berbagai jenis pepohonan di kawasan GBK tersebut.

"Saat itu Bung Karno ikut secara langsung menanam pohon dari berbagai jenis pepohonan di kawasan GBK, termasuk kompleks DPR dan Kementerian Kehutanan," kisah Megawati.

Dari cerita itu, Megawati pun menyarankan kepada Jokowi agar segera menghijaukan Jakarta. Beberapa tanaman yang memungkinkan burung dapat tinggal di sana pun disampaikan oleh Megawati.

Jokowi pun menanyakan jenis-jenis pohon apa yang ramah dengan lingkungan, yang kemudian dijawab Megawati dengan merekomendasikan pohon beringin karena selain mampu menyimpan air, buah-buahnya yang kecil-kecil juga cocok untuk burung, dan menyerap CO2.

Namun begitu, Megawati pun mengajak Jokowi meninjau Kebon Raya Bogor, di mana Megawati menjadi Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia uuntuk melihat macam-macam jenis pohon itu. (jo-1)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.