39 Hewan Kurban di Jakbar Terinfeksi Penyakit Cacing Hati

Ilustrasi
JAKARTA, JO- Sebanyak 39 ekor sapi kurban di wilayah Jakarta Barat (Jakbar) diketahui terinfeksi penyakit cacing hati. Hal ini diketahui setelah dilakukan pemeriksaan oleh Sudin Peternakan dan Perikanan Jakbar oleh pengawasan di 94 lokasi pemotongan hewan kurban pada hari pertama Idul Adha.

Menurut Kasudin Peternakan dan Perikanan Jakbar Eviaty dari hasil pemeriksaan hewan kurban ditemui sebanyak 27 hati dan 12 paru yang terjangkit cacing hati, seluruhnya berasal dari sapi kurban. "Jadi ada 39 ekor sapi yang terinfeksi penyakit cacing hati," ujar Eviaty, di Jakarta, hari ini.

Cacing yang ditemukan sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Sehingga pihaknya menyarankan agar daging dari sapi yang terjangkit penyakit cacing hati agar dibuang dan jangan dikonsumsi.

Pada hari pertama Idul Adha kemarin, sebanyak 584 ekor sapi, ekor ekor kerbau, 1.773 ekor kambing dan 110 ekor domba telah disembelih di wilayah Jakbar.

"Jumlah ini kemungkinan masih bisa bertambah. Karena pemotongan hewan kurban masih akan berlangsung hingga Kamis," kata Eviaty. (jo-6)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.